5 Cara Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Apakah Anda pernah menemukan diri Anda berjalan ke suatu ruangan hanya untuk menemukan Anda telah melupakan apa yang akan Anda lakukan di sana?

Apakah Anda selalu kehilangan kunci mobil Anda?

Ponsel Anda?

Mengalami kesulitan mengingat semua janji dan rapat Anda tanpa menyimpan kalender di meja, telepon, dan kulkas?

Anda tidak harus menerima kehilangan memori sebagai bagian "normal" dari penuaan!

Meskipun kesulitan dengan ingatan tentu lebih umum seiring dengan bertambahnya usia dan bisa juga akibat terlalu banyak bekerja dan tertekan, kita tidak harus diam dan menerimanya. Berapa pun usia Anda atau seberapa sibuknya jadwal Anda, Anda bisa menjaga ingatan Anda tetap tajam dengan melakukan beberapa langkah mudah seperti ini:

1. Strike the Right Balance – Ujung yang paling jelas tetapi masih sangat penting untuk kesehatan otak secara keseluruhan adalah mendapatkan jumlah istirahat yang tepat. Ketika kita kurang tidur, bukan hanya kemampuan kita untuk mempertahankan dan mengingat informasi yang ada tetapi juga kemampuan kita untuk berpikir kritis, memecahkan masalah dan menjadi kreatif.

Di sisi lain, olahraga yang tepat juga meningkatkan oksigen ke otak dan mencegah penyakit yang berpotensi menyebabkan kehilangan memori. Jadi bangunlah dan berjalan-jalan, larilah atau lakukan sesuatu yang aerobik yang akan membuat jantung Anda memompa!

2. Kelola Stres Anda – Karena semakin banyak penelitian yang dilakukan pada efek stres terhadap tubuh kita dan semakin jelas setiap hari betapa pentingnya bagi kita untuk mengelola stres kita. Selain menyebabkan sejumlah penyakit yang berbeda, stres kronis yang dibiarkan tidak terkendali dapat menghancurkan sel-sel otak dan merusak hippocampus, bagian otak yang membentuk dan mengambil ingatan.

Berlatih meditasi secara teratur meningkatkan fokus dan konsentrasi, meningkatkan kreativitas dan meningkatkan ketajaman mental termasuk kemampuan untuk membuat dan menyimpan ingatan.

3 Isi Bahan Bakar yang Baik – Makan diet yang tinggi buah-buahan dan sayuran dan rendah lemak jenuh akan melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan dan menurunkan risiko Anda untuk demensia dan gangguan kognitif. Makanan yang kaya akan Omega-3 sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penyakit seperti Alzheimer.

Beberapa sumber besar Omega-3 termasuk ikan berlemak yang hidup di air dingin seperti salmon, tuna, dan ikan trout. Bayam, brokoli dan banyak kacang, biji-bijian dan kacang-kacangan seperti walnut, kacang pinto, biji labu, dan kacang kedelai juga kaya akan Omega-3.

4. Ambil Vitamin Anda – Kebanyakan orang telah mendengar bahwa suplemen, Ginkgo Biloba, bermanfaat untuk kesehatan otak dan ingatan tetapi itu bukan satu-satunya. Vitamin B & D juga dapat membantu menangkis hilangnya ingatan, seperti halnya Ginseng.

Bagi mereka yang tidak suka makan ikan atau kacang-kacangan dan kacang-kacangan, suplemen minyak ikan adalah alternatif yang bagus yang akan tetap membantu Anda untuk mendapatkan asam lemak omega-3 Anda.

5. Libatkan Otak Anda – Tidak peduli betapa sibuknya jadwal harian Anda, meluangkan waktu untuk "berolahraga" otak Anda perlu menjadi prioritas. Itu tidak berarti Anda harus mulai melakukan teka-teki silang jika Anda tidak menyukainya. Apa pun yang membuat otak Anda tertantang dan terstimulasi dapat meningkatkan kemampuan ingatan Anda.

Bermain kartu atau permainan papan, mengambil rute baru untuk bekerja, mengunjungi museum atau belajar cara berbicara bahasa baru atau menulis dengan tangan yang berlawanan adalah cara yang bagus untuk menantang otak Anda dan menjaga pikiran dan ingatan Anda tetap tajam!

Bagaimana Anda menjaga otak Anda tetap tajam? Tinggalkan komentar di bawah dan bagikan ide Anda.

Milikmu dalam kesehatan,

Ireene

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *